Tuesday , February 21 2017
Berita Terkini
You are here: Home / Berita / UPKP2 Kabupaten Batang Dilantik
UPKP2 Kabupaten Batang Dilantik

UPKP2 Kabupaten Batang Dilantik

(Batangkab.go.id) – Bertempat di Aula Setda, Rabu (6/2/2013) Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo mengambil Sumpah dan Janji anggota Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (UPKP2). Adapun anggota yang diambil sumpah/janjinya adalah Pultoni SH. MH sebagai Ketua UPKP2, Ulfan Arif S.PD.I, Abdul Wahid S.Ag, Ahmad Anwar Syam. ST, dan Budiman SE, MM. sebagai anggota UPKP2. Sedangkan susunan keanggotaan Tim Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (TPKP2) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang masa jabatan tahun 2013- 2017 terdiri dari Wakil Bupati H. Soetadi, SH, MM sebagai tim Pengarah, Sekretaris Daerah Drs. Nasikhin sebagi Tim Pengarah, Asisten Administrasi Sekda, Drs. Budiarto sebagai Ketua TPKP2, dan Kepala Bagian Organisasi Setda Hernanto, S.Sos. sebagai Sekretaris TPKP2.

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo mengatakan pembentukan TPKP2 dan UPKP2 merupakan ide dari masyarakat yang menginginkan peningkatan pelayanan publik di segala aspek di Kabupaten Batang, dan tim ini juga baru pertama diadakan di seluruh wilayah Indonesia. Pembentukan tim tersebut merupakan bentuk komitmen – komitmen yang sudah dibuat. Sebelumnya Pemkab. Batang telah melaksanakan penetapan Zona Integritas Wilayah Bebas Anti Korupi demi mewujudkan visi misi birokrasi bersih dan ekonomi bangkit serta peningkatan pelayanan publik di semua aspek di pemerintahan Kabupaten Batang.

Disampaikan juga bahwa niat dirinya menjadi Bupati adalah untuk betul – betul mengabdi dan memberikan pelayanan di Kabupaten Batang. “Untuk itu kami titip kepada Saudara–saudara dalam tugas sebagai pelayan masyarakat, karena tanggung jawab Saudara tidak ringan. Bekerjalah dengan ikhlas dan penuh dedikasi tinggi serta profesioanl,” pesan Bupati. Merupakan suatu keberhasilan yang menjadi kebanggaan ketika masyarakat dengan semangat kebersamaan antara birokrasi dengan masyarakat saling mendukung, sehingga peningkatan pelayanan akan terwujud.

Akan tetapi jika masyarakat sudah semangat tanpa ada dukungan dari birokrasi, pelayanan publik yang dicita–citakan tidak akan terwujud. Oleh karena itu, Bupati meminta momen sejarah terbentuknya TPKP2 dan UPKP2 jangan sampai dijadikan acara seremonial saja, tanpa ada tindak lanjut. Perlu ada komitmen bersama untuk menjalankan tugas serta amanah masyarakat dengan sebaik – baiknya, sehingga peningkatan pelayanan pubik dapat terwujud dan masyarakat merasa puas atas pelayanan yang ada. Sementara itu, Wakil Bupati H. Soetadi dalam sosialisasi TPKP2 menjelaskan tujuan dibentuknya tim adalah untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap aparatur pemerintah daerah sebagai penyelenggara pelayanan publik dan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena masyarakat selaku pengguna dan penerima pelayanan memerlukan pelayanan publik yang berkualitas, cepat, tepat, mudah, transparan, akuntabel, dan sesuai dengan standar pelayanan, berdasarkan permasalahan perlakuan dan keterjangkuan masyarakat.

Adapun untuk tugas dan fungsi TPKP2 adalah menerima laporan dan atau pengaduan masyarakat, melakukan survai laporan tersebut, melakukan analisis masalah penyebab pengaduan dan menyususn rencana tindak nyata perbaikan pelayanan, melakukan kajian sosiologis, politis, ekonomis dan yuridis terkait hasil evaluasi pelayanan, penilaian kinerja pelaksana pelayanan dan pengaduan masyarakat, dalam rangka penentuan kebijakan bidang peningkatan kualiatas pelayanan publik, memfasilitasi dan memberikan metode yang tepat dalam memperbaiki dan meningkatkan pelayanan publik yang tepat kepada satuan kerja penyelenggaraan pelayanan publik, memberikan rekomendasi kepada Bupati selaku Pembina pelayanan publik di daerah atas hasil kajian untuk pelksanaan peningkatan kualitas pelayanan public, serta melakukan pemantauan kinerja pelayanan dan evaluasi hasil pelayanan

About upkp2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top