Tuesday , July 25 2017
Berita Terkini
You are here: Home / Berita / Seleksi CPNS Harus Transparan dan Akuntabel
Seleksi CPNS Harus Transparan dan Akuntabel

Seleksi CPNS Harus Transparan dan Akuntabel

Pemerintah saat ini sedang menyelenggarakan proses seleksi CPNS 2014. Pemerintah Kabupaten Batang mendapatkan jatah sebanyak 50 formasi dalam seleksi CPNS tahun ini. Banyaknya pendaftar CPNS dan terbatasnya formasi yang disediakan, seringkali dimanfaatkan oleh oknum atau pihak yang tidak bertanggungjawab, baik di dalam pemerintahan ataupun diluar pemerintahan untuk mendapatkan keuntungan. Umumnya, mereka menawarkan jasa untuk membantu meloloskan dalam proses seleksi CPNS dengan imbalam sejumlah uang, baik diberikan sebelum atau setelah proses seleksi berlangsung.

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo dan jajaran Pemerintah Kabupaten Batang berkomitmen untuk mendukung penyelenggarakan proses seleksi CPNS tahun 2014 secara transparan, dan akuntabel. Pemerintah sudah menyiapkan proses dan mekanisme yang dapat menjaga netralitas dan menjamin hasil seleksi, serta meminimalisir adanya kontak langsung antara pelamar dan penyelenggara seleksi. Oleh karena itu, pemerintah tidak akan mentolelir adanya oknum yang menyalahgunakan wewenang atau pihak lain yang mengambil keuntungan karena dapat mencederai kualitas proses seleksi.

Dalam rangka mengawal transparansi dan akuntabilitas proses seleksi CPNS 2014, Unit Peningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (UPKP2) menyiapkan desk khusus pengaduan seleksi CPNS dan bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk merespon secara cepat dan tepat setiap pengaduan ataupun dugaan penyimpangan  dalam proses seleksi. UPKP2 menghimbau kepada masyarakat yang melihat atau mengetahui adanya dugaan penyimpangan dalam seleksi CPNS agar segera melaporkan ke UPKP2 melalui SMS ke nomor 0815-423-4444 atau menghubungi telp. 0285 391380. Setiap pengaduan akan segera ditindaklanjuti dan dikoordinasikan dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD), atau instansi lain yang relevan untuk mendapatkan penyelesaian secara cepat dan tepat. Pemerintah Kabupaten Batang dan UPKP2 membutuhkan partisipasi masyarakat untuk memastikan proses seleksi CPNS 2014 berjalan secara fair, dan adil.

Masyarakat mendambakan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, dan pelayanan yang berkualitas. Hal itu sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia (SDM) yang menempati posisi-posisi penting dalam pemerintahan dan pelayanan publik. Proses seleksi CPNS berkontribusi besar terhadap  penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan yang berkualitas, karena pada tahap inilah ditentukan warga negara yang akan diberikan mandat untuk memegang tanggungjawab pemerintahan dan melayani masyarakat. Penyimpangan dalam proses seleksi, berpotensi menimbulkan penyimpangan pula dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.

Menjadi Abdi Negara sebagai PNS adalah profesi mulia, oleh karenanya untuk mendapatkan posisi itu harus dilakukan dengan cara-cara yang terhormat, dan tidak melanggar etika serta norma-norma yang ada. Menjadi PNS dengan cara yang tidak fair akan mempengaruhi orientasi dalam bekerja, dan berimplikasi terhadap proses pelayanan yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat. UPKP2 menghimbau kepada para pelamar CPNS agar menghindari cara-cara instan untuk dapat lolos sebagai CPNS, atau tidak tergoda dengan berbagai tawaran oknum di pemerintahan ataupun pihak lain yang menjanjikan dapat meloloskan sebagai PNS. Proses seleksi harus diikuti dan diselenggarakan secara bermartabat untuk mewujudkan abdi negara yang professional dan bertanggungjawab.***

 

About upkp2 batang

Comments are closed.

Scroll To Top