Thursday , June 29 2017
Berita Terkini
You are here: Home / Progam dan Divisi Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Progam dan Divisi Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Berdasarkan tugas dan fungsi yang dimiliki UPKP2 berdasarkan Peraturan Bupati, dan juga Visi yang akan dicapai oleh UPKP2, ada kegiatan-kegiatan atau program-program yang  akan menjadi fokus dari UKPK2 ke depan. Kegiatan atau program tersebut adalah sebagai berikut.

 

1. Pengaduan dan Penanganan Kasus

Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (UPKP2) akan menerima pengaduan masyarakat terkait dengan pelayanan publik. Pengaduan masyarakat dapat dilakukan terhadap penyelenggara pelayanan yang tidak melaksanakan kewajiban dan/atau melanggar larangan, dan pelaksana layanan yang memberi pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan.

Penerimaan pengaduan akan dilakukan baik secara pasif maupun aktif. Pasif dalam arti menunggu masyarakat mengadu secara langsung atau menghubungi sekretariat UPKP2, sedangkan secara aktif UPKP2 akan membuka pos-pos pengaduan secara regulerr di masyarakat, baik di tingkat Kecamatan, desa, atau tempat-tempat lain yang relevan dan strategis.

2. Penelitian dan Pengkajian

Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (UPKP2) akan melakukan penelitian terhadap sistem dan implementasi pelayanan oleh penyelenggara layanan. Penelitian akan dilakukan terhadap sektor-sektor strategis yang berhubungan langsung dengan kepentingan masyarakat luas, ataupun sesuai kebutuhan lapangan. Hasil penelitian akan menjadi bahan rekomendasi kepada Bupati, ataupun instansi terkait untuk melakukan perbaikan sistem dan implementasi layanan.

UPKP2 juga akan melakukan pengkajian terhadap pengaduan yang masuk. Pengkajian dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang utuh tentang masalah layanan yang terjadi, dan dari hasil kajian dapat dilanjutkan dengan kegiatan pengumpulan informasi, verifikasi, dan klarifikasi. Hasil kajian akan menjadi bahan untuk menyelesaikan masalah layanan yang ada, dan menjadi bahan untuk  merumuskan rekomendasi bagi instansi terkait.

 3. Pendidikan dan Penyadaran Masyarakat

Peningkatan kualitas layanan hanya dapat dilakukan jika ada dukungan dan komitmen penyelenggara layanan, dan partisipasi masyarakat. Oleh karena itu Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (UPKP2) akan mengadakan kegiatan-kegiatan terkait dengan pendidikan untuk peningkatan kualitas layanan, dan penyadaran tentang pentingnya pelayanan yang baik kepada masyarakat. Target dari pendidikan dan penyadaran tersebut adalah para penyelenggara layanan, dan masyarakat pada umumnya. Pendidikan dan penyadaran akan dilakukan secara mandiri oleh UPKP2 ataupun bekerjasama dan bersinergi dengan instansi-instansi lain yang melakukan kegiatan sosialisasi kebijakan pemerintah.

4. Publikasi, Informasi dan Jaringan

Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (UPKP2) akan mendiseminasikan berbagai macam publikasi dan informasi terkait dengan pelayanan publik kepada penyelenggara layanan dan masyarakat secara luas. Selain itu, UPKP2 juga akan membangun jaringan dengan berbagai stakeholder yang ada di Kabupaten Batang, baik dari kalangan NGO, Media, Tokoh Masyarakat, Komunitas, dan juga aparat Penegak Hukum. Jaringan tersebut perlu dibangun, agar upaya pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik dapat berjalan secara efektif, transparan, dan akuntabel.

5 . Peningkatan Sumber Daya Manusia

Dalam rangka meningkatan profesioanalisme anggota dan staf sekretariat UPKP2, Unit akan melakukan kegiatan yang dapat mendorong peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang ada dalam Unit. Peningkatan kapasitas dilakukan melalui pelatihan-pelatihan yang terkait dengan fungsi dan peran UPKP2, kunjungan ke lembaga-lembaga sejenis, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top