Friday , May 26 2017
Berita Terkini
You are here: Home / Peran Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Peran Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

1. Pengawas Pelayanan Publik

Salah satu peran penting dari Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (UPKP2) adalah sebagai Pengawas Pelayanan Publik. Namun demikian, keberadaan lembaga ini tidak menggantikan peran dari lembaga-lembaga pengawas yang sudah ada, baik itu pengawasan eksternal yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPRD), maupun pengawasan internal yang dilakukan oleh Inspektorat ataupun pengawasan oleh atasan langsung dalam struktur birokrasi pemerintahan. UPKP2 berperan melengkapi dan memperkuat pengawasan yang sudah berjalan selama ini. Selain itu, karakteristik pengawasan yang dilakukan oleh UPKP2 adalah pengawasan berbasis masyarakat melalui pengaduan maupun pengawasan langsung.  Kombinasi keanggotaan dalam UPKP2 antara PNS, professional dan tokoh masyarakat, diharapkan dapat menghasilkan pengawasan yang efektif, objektif, transparan, dan akuntabel.

Dalam melakukan pengawasan, UPKP2 akan bersinergi dengan instansi atau kelembagaan yang juga memiliki fungsi pengawasan, agar tidak terjadi tumpang tindih peran, dan jika ada persinggungan terhadap objek pengawasan dapat dilakukan koordinasi dan menentukan tindak lanjut yang sesuai.

2. Mediator dalam Sengketa Pelayanan Publik

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, UPKP2 berperan sebagai mediator dalam hal terjadi sengketa antara masyarakat dan penyelenggara layanan publik. Sengketa pelayanan publik yang diterima UPKP2 baik melalui penerimaan pengaduan, maupun hasil temuan lapangan dikaji secara mendalam berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku, maupun standar yang ada. Sebagai mediator, UPKP2 akan mendengar keduabelah pihak, baik pengadu maupun teradu secara adil dan proporsional, dan menjembatani keduanya untuk mendapatkan solusi yang terbaik. UPKP2 juga secara aktif memberikan rekomendasi secara aktif kepada penyelenggara layanan untuk memperbaiki layanan yang diberikan.

 

3. Mitra Penyelenggara Layanan untuk Mewujudkan Pelayanan Prima

Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (UPKP2) dibentuk oleh Bupati, dan oleh karenanya bertanggungjawab kepada Bupati. Dengan demikian, keberadaan UPKP2 menjadi tidak terpisahkan dengan sistem birokrasi yang ada di Kabupaten Batang, hanya yang membedakan adalah adanya unsur masyarakat dan professional dalam keanggotaan UPKP2. Dengan demikian, relasi yang dibangun antara UPKP2 dan instansi-instansi dibawah pemerintahan Kabupaten yang menyelenggarakan pelayanan publik adalah relasi kesetaraan dan kemitraan. Dengan filosofi kesetaraan dan kemitraan itu, maka diharapkan UPKP2 akan menjadi ‘sahabat’ penyelenggara layanan untuk mewujudkan pelayanan  prima.

 

4. Pendamping Masyarakat untuk Memperjuangkan Pelayanan Prima

Keberadaan UPKP2 tidak terlepas dari komitmen Bupati Batang terhadap pemenuhan hak-hak masyarakat secara adil, melalui kegiatan pemberian pelayanan yang baik. Oleh karena itu, bagi masyarakat keberadaan UPKP2 adalah pendamping, agar masyarakat mendapatkan hak-hak mereka secara adil, mudah, murah, transparan, dan tanpa diskriminasi. Sebagai pendamping masyarakat, UPKP2 akan mengupayakan masyarakat pengadu memperoleh pelayanan  yang baik sesuai dengan rasa keadilan, atau setidak-tidaknya sesuai dengan standar pelayanan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

5. Pemberi Rekomendasi kepada Bupati untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Sesuai dengan ketentuan Peraturan Bupati, bahwa UPKP2 memiliki tugas memberikan rekomendasi kepada Bupati terkait dengan peningkatakan kualitas pelayanan publik. Oleh karena itu, selain menyelesaikan beberapa sengketa pelayanan  publik secara langsung, UPKP2 juga akan memberikan saran dan rekomendasi kepada Bupati dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan kinerja birokrasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Rekomendasi yang diberikan kepada Bupati berdasarkan pada hasil analisis pengaduan masyarakat yang diterima oleh UPKP2 maupun hasil penelitian/survey lapnagan yang dilakukan oleh UPKP2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top