Sunday , August 20 2017
Berita Terkini
You are here: Home / Berita / Launching Website Pengaduan Online UPKP2
Launching Website Pengaduan Online UPKP2

Launching Website Pengaduan Online UPKP2

Batang. Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelayanan publik, UPKP2 menggelar kegiatan sosialisasi website pengaduan online. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis 7 Nopember 2013 di Meeting Room Bupati ini dihadiri oleh sekitar 30 peserta yang berasal dari berbagai elemen pemerintah, NGO dan tokoh masyarakat.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama UPKP2 ( Unit Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik ) Kabupaten Batang dengan TII (Tranparency International Indonesia) dan Lembaga Studi Sosial dan Advokasi Rakyat (Laskar).

 

Pultoni, selaku ketua UPKP2 mengajak masyarakat untuk melawan korupsi dan aktif dalam menyampaikan pengaduan tentang penyelenggaraan pemerintahan melalui teknologi informasi, yaitu melalui website yang telah disediakan oleh UPKP2.

Disampaikan juga bahwa kemajuan IT mempermudahkan manusia dalam mencari informasi. Kemajuan IT menjadi instrumen–intrumen yang cukup efektif. Begitu juga dalam menyampaikan pengaduan pada penyelenggara pemerintah melalui website resmi dari UPKP2. Pengaduan masyarakat melalui webite UPKP2 akan direspon cepat oleh masing–masing SKPD sebagai penyelenggara pemerintah.

M. Afan, Manajer Program TII Jakarta mengatakan sekarang banyak penyelenggara pemerintah melakukan berbagai inisiatif untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat melalui IT. Begitu juga dalam pengawasan yang dilakukan masyarakat dengan menggunakan fasilitas website. Dia juga menambahkan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman cara menggunakan website pengaduan UPKP2.

Kabupaten Batang dalam memberikan pelayanan informasi melalui IT sudah cukup maju dan sering melakukan inisiatif dalam perkembangan IT, seperti LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) dengan penggunaan dan pengaduan melalui website tentang pengadaan barang dan jasa yang bisa mengurangi kasus korupsi yang ada di Batang.

Nur Fajri Deputi IT TII Jakarta saat menyampaikan materi mangatakan pembuatan website Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ)yang akan terhubung dengan Website UPKP2 Kabupaten Batang bertujuan  agar ada database pengaduan masyarakat secara online, memudahkan masyarakat  untuk ambil bagian pengawasan pengadaan barang dan jasa, dan masyarakat dapat memantau sejauh mana pengaduan ditindaklanjuti.

Targetnya, masyarakat tidak ragu–ragu lagi untuk mengadukan penyimpangan yang terjadi. Masyarakat dan UPKP2 mampu bersama–sama mengawasi penyimpangan yang tekait PBJ. Dalam pengaduan melalui website dapat disertakan dengan foto dan video untuk data pelengkap dan pendukung untuk segera ditindaklanjuti.

Adapun untuk cara melapor melalui SMS ke nomor 085691062960 dengan ketik: lapor <spasi> nama lengkap <spasi> alamat, selanjutnya akan menerima balasan untuk langkah berikutnya.[office]

 

About upkp2 batang

Comments are closed.

Scroll To Top